Ragam Alasan Kenapa Harus Masuk Sekolah Kedinasan

Spread the love

Ketika sudah menyelesaikan jenjang Sekolah Menengah Atas, biasanya anak sekolah lulusan SMA akan disibukkan dengan berbagai penawaran perguruan tinggi. Ya, jenjang perguruan tinggi masih menjadi favorit sebagian besar kalangan muda setelah menyelesaikan masa pendidikannya di sekolah menengah atas. Tidak sedikit pula dari orang tua yang turut mengarahkan anaknya agar melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi favorit dan nantinya dapat menjamin kerja serta karier setelah selesai kuliah.

Ketika tengah bersiap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, biasanya seseorang akan dihadapkan dengan adanya beragam pilihan perguruan tinggi. Ini tidak mengherankan, karena banyak sekali institusi pendidikan tinggi yang berdiri tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Supaya nantinya calon mahasiswa mendapatkan pendidikan dan jenjang karier yang benar dan sesuai dengan keinginannya, maka perlu kecermatan dalam memilih perguruan tinggi mana yang nantinya akan diambil.

Adapun di Indonesia sendiri, perguruan tinggi dibedakan menjadi tiga macam, pertama yakni perguruan tinggi negeri, kemudian perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi kedinasan. Ketiga jenis perguruan tinggi tersebut punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan perguruan tinggi yang berjenis kedinasan agaknya masih menjadi favorit calon mahasiswa dan orang tua mahasiswa. Hal ini karena adanya kejelasan karier yang diberikan kepada lulusan yang telah mengenyam pendidikan di institusi tersebut.

Tidak mengherankan pada akhirnya setiap tahun terjadi peningkatan peminat untuk perguruan tinggi kedinasan. Akhirnya persaingan pun menjadi lebih ketat setiap tahunnya. Nah, bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi kedinasan atau sekolah kedinasan, berikut akan dijelaskan mengapa sekolah kedinasan perlu dipilih. Supaya semakin memantapkan niat untuk melanjutkan jenjang pendidikan di sekolah dinas dan memantapkan jenjang karier untuk ke depannya.

Pada artikel di bawah akan dijelaskan secara lebih ringkas tentang perbedaan dari sekolah kedinasan atau perguruan tinggi kedinasan dan sekolah non kedinasan. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Perguruan Tinggi Kedinasan atau Sekolah Kedinasan

Perguruan tinggi kedinasan atau disebut juga sekolah kedinasan merupakan sebuah institusi pendidikan tinggi yang secara langsung dikelola oleh pemerintah. Sekolah kedinasan atau perguruan tinggi kedinasan ini umumnya berada di bawah naungan Kementerian tertentu yang ada di Pemerintahan.

Oleh karenanya pendidikan yang diselenggarakan di perguruan tinggi kedinasan ini akan disesuaikan dengan instansi di mana nantinya tempat lulusan melanjutkan jenjang karier. Maka dapat dikatakan jika materi yang disampaikan pada sekolah kedinasan ini tidak berbeda jauh dengan apa yang nantinya akan dijumpai di lapangan pada saat bekerja.

Secara tidak langsung, Sekolah Kedinasan ini didirikan memang tujuannya untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dalam suatu bidang tertentu, sehingga nantinya dapat menjadi penunjang kinerja suatu lembaga pemerintahan yang menjadi tempat bernaungnya. Pendidikan yang diterapkan memiliki ciri khas khusus yang mana di antaranya berjenjang diploma, sehingga nantinya mahasiswa telah siap untuk bekerja dan berkiprah di pemerintahan secara langsung.

Biasanya di institusi kedinasan ini tidak dipungut adanya biaya pendidikan. Hal ini karena nantinya lulusan akan diikat kontrak guna menyelesaikan tugas pengabdian negara terkait dengan bidang yang dipelajarinya tersebut. Terdapat beberapa sekolah kedinasan yang memang telah berdiri sejak lama dan menjadi incaran banyak sekali lulusan SMA yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi.

Beberapa sekolah kedinasan yang cukup populer di Indonesia antara lain:

  • Politeknik Keuangan Negara STAN atau yang sering disebut dengan PKN STAN. Sekolah kedinasan ini secara khusus berada di bawah naungan Kementerian Keuangan.
  • Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau yang sering disebut dengan STIN, yang mana berada di bawah naungan dari Badan Intelijen Negara (BIN).
  • Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau juga sering disebut dengan IPDN, yang mana berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri.

Beberapa sekolah kedinasan tersebut memang telah dikenal publik secara luas sebagai sekolah pencetak aparatur sipil negara, sehingga setelah menyelesaikan pendidikan di Sekolah Kedinasan tersebut, lulusan siap ditempatkan di berbagai instansi di seluruh wilayah Indonesia dengan status sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Alasan Harus Masuk Sekolah Kedinasan

Sebagai lulusan SMA yang baru, alangkah baiknya mempertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan di Sekolah Kedinasan. Hal ini karena ada banyak alasan positif yang mendukung untuk masa depan. Apa saja itu?

  1. Prospek kerja yang jelas

Alasan utama kenapa seseorang harus melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan ialah karena adanya prospek kerja yang sangat jelas. Semua lulusan dari sekolah kedinasan memang sudah dijamin kerja, sehingga nantinya jenjang karier seorang lulusan dapat jelas ke depannya.

  1. Mendapatkan pendidikan gratis

PKN STAN menjadi salah satu institusi yang menyelenggarakan pendidikan secara gratis, sehingga mahasiswa tidak perlu lagi harus memikirkan tentang pembayaran biaya pendidikan. Karena hal tersebut sudah ditanggung oleh negara.